nusakini.com-Kuala Lumpur-Timnas Indonesia U-16 dan Australia sama-sama optimis bisa melangkah ke Piala Dunia U-17 di Peru tahun depan. Kedua tim akan bertemu pada perempat final Piala AFC U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10) sore.

Sesuai dengan regulasi FIFA, Piala AFC U-16 merupakan turnamen yang juga merupakan fase kualifikasi untuk Piala Dunia U-17. FIFA memberikan empat slot bagi tim asia untuk tampil di level tertinggi sepak bola junior tersebut.  Artinya, empat tim yang lolos ke semifinal Piala AFC U-16 otomatis akan mendapatkan tiket untuk tampil di Piala Dunia U-17. 

"Bisa dilihat saat ini semua pemain dalam kondisi bagus. Tidak ada masalah. Mereka semua tidak gentar menghadapi Australia," ujar Fakhri Husaini, pelatih timnas Indonesia U-16.

Fakhri menyebut  pertemuan terakhir kedua tim jadi pengalaman berharga. Saat Indonesia kalah telak 3-7 dari Australia di Piala AFF U-15 2017

"Kami bersyukur bisa menyelesaikan tugas dengan baik hingga sejauh ini. Lolos ke delapan besar merupakan kondisi yang sudah ditunggu oleh para pemain. Melihat lawan kami, Australia, mereka tim yang kuat dan kami punya pengalaman yang cukup bagus ketika kami kalah," ujar Fakhri Husaini. 

Sikap optimistis juga disuarakan Australia itu. Menurutnya, pertandingan perempat final ini pun bukan sesuatu yang tidak mustahil bagi timnya demi melangkah ke Piala Dunia U-17. 

"Kami mengakui semua tim yang lolos memang pantas berada di perempat final. Dalam setiap pertandingan kami bisa menang dan kami siap untuk meraih kemenangan. Kami sangat siap menghadapi Indonesia," ujar Trevor  Morgan, pelatih Australia.

Kemenangan yang diraih oleh Australia  atas Indonenesia pada tahun lalu pun dianggap Trevor Morgan sebagai hal yang tidak terlalu penting. Menurutnya, setiap tim memiliki kelebihan masing-masing. 

"Kami berada di turnamen ini dan setiap tim siap untuk memenangi pertandingan. Kami pun menghormati semua lawan yang kami hadapi," ujar pelatih Australia itu. (b/ab)